Metro di Guangzhou

Metro atau subway sangat populer di Guangzhou sebagai alat transportasi warga GZ bepergian ke seluruh penjuru kota. Beroperasi sejak tahun 1997, hingga saat ini melayani telah 8 lintasan (line) dan beberapa line lagi dalam pembangunan. Seluruh line beroperasi di bawah tanah.

Metro beroperasi dari jam 6 pagi hingga tengah malam. Head-away (jarak antar rangkaian) 3 menit untuk jam jam sibuk, pada jam jam sepi (malam hari dan akhir pekan) waktu tunggu antara 7-10 menit.

Stasiun metro sangat mudah dijumpai di atas permukaan dengan signage (penunjuk arah) yang sangat khas. Satu stasiun dapat memiliki 4-6 gate di permukaan, bahkan stasiun yang ramai bisa memiliki hingga 8 exit gate.

Konstruksi stasiun dibuat dengan 2 tingkat kebawah. Lantai pertama (dari permukaan) adalah hall stasiun dimana penumpang membeli tiket, masuk ke peron, mesin atm, penyewaan payung dan beberapa kios juga bisa kita jumpai di lt -1. Lantai kedua adalah jalur kereta. Untuk stasiun yang menjadi titik silang antar line (transfer station) desain stasiun bahkan menjadi 3 lantai ke bawah tanah. Warna masing masing stasiun berbeda satu dengan yang lain, tapi hampir semuanya dalam warna warna pastel.

Dari permukaan penumpang turun ke stasiun melalui tangga, beberapa stasiun menyediakan escalator. Penumpang yang akan masuk ke peron harus beli tiket (single trip ticket) kecuali menggunakan Yang Cheng Tong atau kartu langganan lain. Tiket bisa dibeli di mesin tiket otomatis. Di hall stasiun peta jalur dan stasiun tersedia dalam ukuran besar sehingga memudahkan calon penumpang memilih line dan stasiun tujuan.

Mesin tiket otomatis berbentuk menyerupai atm dengan layar sentuh lebar. Tampilan pertama dari mesin ini adalah pilihan line, seluruh line yang beroperasi akan ditampilkan. Setelah line dipiliha akan muncul semua stasiun yang dilewati oleh line yang dipilih. Ketika stasiun tujuan dipilih, layar akan berganti ke jumlah calon penumpang, secara default jumlahnya akan 1. Jika tombol enter di tekan, mesin akan meminta kita memasukkan uang ke mesin. Mesin hanya dapat menerima pecahan 5y & 10y uang kertas dan pecahan 1y. Setelah uang masuk, mesin akan mengeluarkan tiket dan uang kembalian (jika ada, dalam pecahan 1y). Harga tiketnya adalah 2y untuk 4km pertama lalu 1y untuk 4km berikutnya.

Tiket berupa sebuah koin plastik berwarna hijau dengan teknologi rfid. Tiket (koin maupun kartu) cukup ditempel ke sensor di gate masuk lalu disimpen lagi untuk dikembalikan di gate keluar.

Setelah melewati gate masuk penumpang harus turun lebih dalam lagi ke peron tunggu dengan escalator. Di jalur kereta ini penumpang bisa menunggu kereta. TV yang berisi informasi kapan kereta berikutnya datang. Di sini tidak disediakan kursi, tapi karena waktu tunggu tidak terlalu lama, keberdaaan kursi tunggu menjadi tidak penting. Ruang tunggu dan jalur kereta dipisahkan sebuah dinding kaca dengan pintu otomatis yang hanya terbuka ketika kereta mendekat.

Penumpang akan masuk dari bagian sebelah kiri kereta. Pintu masuk dan pintu keluar disatukan tapi sebaiknya memberi kesempatan penumpang keluar terlebih dahulu sebelum masuk. Pada beberapa stasiun transfer, pintu keluar dan pintu masuk dipisah dan membuka secara bergantian untuk memebri kesempatan penumpang turun terlebih dahulu.

Di dalam kereta tersedia bangku dengan formasi menghadap tengah dengan menyediakan ruang untuk penumpang berdiri dan pegangan di bagian atas. Kita tidak dapat menemukan rak penyimpan barang di sini, jadi jaga barang masing masing. Di sebelah atas pintu tersedia informasi stasiun ang sudah dilewati dan stasiun berikutnya. Stasiun yang sudah lewat ditandai dengan warna merah, stasiun yang belum dilewati dengan warna hijau dan setasiun berikutnya akan berkedep juga sudah mendekat. Pengumuman mengenai stasiun berikutnya juga tersedia dalam bahasa kanton, mandarin dan inggris. Kereta berjalan cukup kencang, antar stasiun hanya ditempuh dalam 3-4 menit.

Sampai di stasiun tujuan, penumpang keluar dari kereta lalu naik ke hall. Tiket yang dibeli di stasiun pemberangkat dikembalikan ke dalam sensor di gate keluar. Keluar dari gate keluar kita bisa menemukan exit gate yang terdekat dengan tujuan. Sebuah papan petunjuk selalu tersedia di setiap exit gate. Papan peta berukuran besar dengan gambar gedung atau bangunan dalam 3d (buatan baidu ?) juga tersedia untuk memudahkan penumpang keluar. Exit gate dikodekan dengan huruf (A-I), dan kombinasi dengan angka jika gate tersedia bercabang.

Ketika Asian Games pada tahun 2010, GZ Metro mengoperasikan APM (Automatic Passanger Machine) di Tianhe. Kereta 2 rangkaian yang berjalan otomatis tanpa operator ini melayani Zhujiang CBD ke Chigang melewati Cantoon tower (ir/wp)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di public transport dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Metro di Guangzhou

  1. Ping balik: Transportasi dari Baiyun ke Kota | Dari Depok ke Guangzhou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s