Lalu Lintas di Guangzhou

Berbeda dengan di Jakarta (dan Indonesia), Guangzhou (dan seluruh China) menerapkan aturan kemudi di sebelah kiri. Sehingga kendaraan berjalan di jalur kanan. Ini sama dengan aturan lalu lintas di Amerika.Ini penting untuk kita yang datang dari negara dengan stir kanan, terutama ketika akan menyeberang jalan, menghentikan taxi atau naik bis. Untuk alasan keamanan, taxi di GZ hanya dapat dibuka di pintu penumpang sebelah kanan.

Di persimpangan jalan jalan sibuk/besar bisanya selalu dijaga petugas pengatur lalu lintas (ada yang menyebut sebagai traffic warden) yang dapat membantu pejalan kaki menyeberang. Tapi untuk persimpangan yang tidak dijaga pastikan untuk selalu menoleh ke kiri lalu kanan sebelum menyeberang, jangan terbalik ya

Jika di Jakarta sepeda motor bisa kita lihat sejauh mata memandang, di GZ kita tidak akan bisa menemukan sepeda motor. Sepeda motor dilarang di GZ sejak 1 Januari 2007. Hanya polisi yang diperbolehkan menggunakan motor. Sebagai gantinya banyak yang beralih ke sepeda untuk menjangkau lokasi yang dekat, atau menggunakan bis untuk lokasi yang jauh. Bahkan jasa deliveri kurir pos, paket, restoran siap saji juga diantar menggunakan sepeda.

Mobil pribadi dari merek Eropa, Amerika maupun merek lokal banyak dijumpai di jalanan. Sedangkan merek Jepang hanya sedekit sekali penggunanya. Untuk status tertentu, Audi dipilih sebagai simbol kemampanan pengendaranya.

Kemacetan jamak terjadi di jam jam masuk kantor (pagi jam 8 – 9) atau bubaran kantor (sore jam 4 – 6). Jalanan dipenuhi oleh biskota (listrik maupun diesel). Lebih banyak pekerja yang berangkat/pulang mengunakan bis/metro dibanding dengan mobil pribadi. Jarak 20 km dari pusat kota ke daerah urban di pinggiran dapat dijangkau dengan 45-60 menit menggunakan biskota/metro. Silakan dibandingkan dengan Jakarta(ir/wp)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di public transport dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lalu Lintas di Guangzhou

  1. Ping balik: Transportasi dari Baiyun ke Kota | Dari Depok ke Guangzhou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s