Biskota di Guangzhou

Transportasi umum sangat mudah dijumpai, murah dan nyaman di Guangzhou. Selain Metro dan taxi, biskota adalah transportasi yang banyak digunakan. GZ juga memiliki jalur khusus bis, seperti busway, yang dikenal sebagai Guangzhou Bus Rapid Transport.

Armada bis yang digunakan adalah armada bis ukuran besar, kita tidak akan menemui bis seukuran kopaja ato metromini di sini. Selain bis dengan mesin diesel, sebagian bis juga merupakan bis listrik dengan tangkai kawat menjuntai di bagian atas, mirip dengan krl. Bis listrik ini berjalan nyaris tanpa suara, jadi berhati hati lah ketika sedang berada di jalur bis listrik.

Konfigurasi duduk yang digunakan adalah menghadap ke tengah, seperti krl, dengan menyediakan ruang untuk penumpang berdiri di bagian tengah. Beberapa bis juga dibuat dengan konfigurasi menghadap ke depan tapi tetap menyisakan ruang kosong dibagian tengah untuk penumpang berdiri. Seluruh armada telah dipasang cctv dengan monitor di sisi sopir.

Berbeda dengan biskota Jakarta yang berhenti sesuka penumpang & kenek, biskota GZ hanya berhenti di halte yang ditetapkan. Dan tidak semua halte yang dilewati bis akan berhenti. Jarak antar satu pemberhentian satu dengan pemberhentian lain sekitar 1-2 km, jadi jika kita terlewat halte akan sangat merepotkan untuk balik lagi.

Biskota ini hanya dioperasikan oleh seorang sopir tanpa kenek. Penumpang yang akan naik masuk lewat pintu kanan depan, lalu menempel GZ Card -nya, atau memasukkan uang ongkos ke kotak. Pintu tengah yang lebih besar digunakan untuk penumpang yang akan turun. Jangan kawatir untuk naik turun ke bis karena dek bis sangat rendah dengan jalan.

Ongkos/biaya perjalanan adalah 2yuan sekali jalan, jauh/dekat sama saja. Untuk pengguna GZ card bisa mendapatkan harga 1,7y sekali jalan atau bahkan 1,5y jika GZ Card -nya sudah digunakan lebih dari 50 kali dalam bulan berjalan. Pastikan untuk memberikan ongkos dalam pecahan pas, karena sopir tidak menyediakan uang kembalian.

Papan petunjuk, baik yang di halte maupun di badan bis tersedia cukup jelas tapi dalam hutuf Kanton. Biskota ini cocok untuk Anda yang sudah cukup paham dengan kota GZ atau mampu membaca tulisan Kanton, karena hanya dengan 2y kita bisa berputar putar dari ujung ke ujung kota. Jarak yang dilewati trayek bisa mencapai 7-10 km sekali jalan(ir/wp)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di public transport dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Biskota di Guangzhou

  1. Ping balik: Transportasi dari Baiyun ke Kota | Dari Depok ke Guangzhou

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s