Nama 3 kata Untuk Paspor Muslim

Ini memang peraturan yang aneh, tapi inilah kenyataannya. Pemerintah Saudi Arabia mengharuskan seluruh paspor yang digunakan untuk masuk ke Arab Saudi (haji, umrah, tki, bisnis) memiliki nama lengkap (fullname) setidaknya 3 kata. Konon, aturan ini karena di Arab banyak orang dengan nama yang sama.

Jadi jika Anda muslim dan ingin naik haji atau pergi umrah (insyaallah) tuliskan nama lengkap dengan 3 kata, meskipun saat ini paspor yang dibuat bukan untuk keperluan haji/umrah. Lalu bagaimana jika asli (di ktp, kk, akte, ijasah) hanya 1/2 kata? Gunakan nama ayah sebagai tambahan nama belakang. Itulah alasan kenapa musti melampirkan fotokopi akte kelahiran, agar Imigrasi bisa memcocokan dengan nama ayah pemohon.

Bagaimana dengan pemilik paspor yang terlanjur menggunakan nama lengkap 1/2 kata, sedangkan mereka ingin masuk ke Saudi Arabia? jawabannya adalah, buat paspor baru dengan menggunakan 3 kata. Memang ada informasi yang mengatakan, cukup kita datang ke kantor imigrasi lalu diamandemen paspor lama kita dengan menambahkan nama tambahan di paspor lama. Cara ini berpotensi menimbulkan masalah jika Anda menggunakan paspor amandemen (yang hanya dicoret dan ditulis tangan) ini untuk masuk ke negara yang menerapkan aturan keimigrasian yang ketat, seperti Amerika atau Australia. Beberapa kasus, mereka menolak masuk pemegang paspor yang diamandemen dengan tulisan tangan. Jadi, lebih baik ganti dengan paspor baru saja daripada menimbulkan masalah di negeri orang (ir/wp)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Imigrasi dan tag , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Nama 3 kata Untuk Paspor Muslim

  1. dana wisastra berkata:

    terima kasih sharingnya…
    boleh nanya kalau menambah nama nya pakai surat pernyataan gak nuhun

  2. tiko berkata:

    makasih sharingnya…klo kondisinya dibalik kira2 masalah ga ya…nama asli 2 kata, tapi di paspor sudah 3 kata (ditambah nama bapak), klo ngurus visa ke negara Non timur tengah jadi masalah ga (sementara dokumen lain tetap 2 kata) ?

    • Indra berkata:

      Nggak masalah kok, mereka hanya melihat data di paspor. Nggak peduli dengan data di ktp atau kk.

      • tiko berkata:

        amin, semoga….karena saya harus mengurus visa schengen untuk keperluan kantor (training). Surat tugas, undangan tentu saja semua sesuai nama asli saya (2 kata) tapi di paspor 3 kata (di halaman 1 bukan di bagian endorsement). Gimana ya baiknya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s