Membuat Paspor

Saat ini dirjen Imigrasi telah online di semua kantornya. Sehingga pengurusan paspor tidak harus dilakukan di kantor layanan imigrasi sesuai alamat tinggal/KTP. Meskipun kita tinggal di Depok atau memiliki KTP di Depok, pembuatan paspor tidak harus dilakukan di kantor imigrasi Depok, tapi bisa kita lakukan di kantor imigrasi yang dekat dengan lokasi kerja kita.

Syarat untuk membuat paspor baru adalah:

  • fotokopi KK
  • fotokopi KTP
  • fotokopi Akte nikah
  • fotokopi Akte kelahiran
  • fotokopi ijazah terakhir

Siapkan juga dokumen aslinya untuk dibawa pada saat wawancara di hari berikutnya.

Untuk paspor yang akan digunakan untuk karyawan atau urusan pekerjaan/bisnis akan membutuhkan surat sponsor dari perusahaan tempat kita bekerja. Surat sponsor ini berisi keterangan bahwa si pembuatn paspor adalah benar benar karyawan dari perusahaan bersangkutan. Jadi isinya kurang lebih tentang: nama, jabatan, bekerja di perusahaan sejak. Surat ini ditandatangani kepala HR (direktur atau manager hr) dan ditujukan kepada kepala kantor imigrasi tempat kita akan membuat paspor.

Untuk yang alamat KTP dan di KK berbeda, misalnya karena pemekaran, cukup dilampirkan surat keterangan domisili dari Lurah.

Langkah pembuatan paspor adalah pertama mengisi dokumen permohonan dan melengkapi salinan dokumen pendukung. Sampai tahap ini cukup diberikan fotokopi atau salinan saja.

Langkah kedua adalah membayar biaya paspor sebesar 275 ribu. Jika menggunakan biso jasa mereka akan meminta sekitar 450 – 650 ribu.

Langkah ketiga adalah foto dan wawancara. Pada saat wawancara, bawa semua dokumen asli yang salinannya dikumpulkan pada tahap sebelumnya. Dokumen ini hanya akan dibaca sebentar oleh petugas untuk dicocokan dengan aslinya dan langsung dikembalikan. Petugas juga akan menanyakan rencana bepergian dalam waktu dekat, keperluan pembuatan paspor, lama tinggal.

Untuk foto akan dilakukan pengambilan data biometrik seluruh sidik jari dan retina, serta tentu saja paspoto untuk paspor. Usahakan menggunakan pakaian yang rapi karena paspor ini akan berlaku 5tahun. Usahakan juga menggunakan baju warna selain putih, karena background yang digunakan adalah putih.

Langkah terakhir adalah mengambil paspor yang telah jadi.

Seluruh proses pembuatan paspor akan berlangsung selama 4-5hari. Jika menggunakan jasa biro hanya akan mempercepat pembuatan saja. Seluruh dokumen tetap mereka akan minta, hanya saja mereka akan langsung seleksi sebelum diberikan ke imigrasi. Jadi sudah tidak ada lagi ‘paspor tembak’ (ir/wp)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Imigrasi dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Membuat Paspor

  1. rizzma berkata:

    masak aku disuruh bikin surat keterangan domisili sih? padahal antara KTP dan KK nggak beda alamat. tapi emang aku bikinnya di KANIM Tanjung Priok, sedangkan alamatku di Jogja…. Tapi kan udah pada ONLINE.. kenapa ya? apa aku cuma dikerjai doang???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s