Tentang Guangzhou

Guangzhou, diucapkan sebagai kwang-caw, adalah ibukota provinsi Guandong, Provinsi paling selatan di China daratan yang langsung menghadap ke laut China Selatan. Guangzhou (lebih dikenal dengan singkatan GZ) merupakan kota ketiga terbesar di China setelah Beijing, Shanghai. Jika Beijing adalah pusat pemerintahan, dan Shanghai adalah pusat perekonomian, maka GZ ditetapkan sebagai pusat perdagangan.

GZ, dulu dikenal sebagai Cantoon atau Kanton, sudah sejak zaman dinasti dulu dikenal sebagai pusat perdagangan karena terletak di ujung selatan China yang langsung menghadap ke laut China Selatan. Masyarakat Kanton lebih terbuka dengan masyarakat dunia, ini bisa kita liat budaya Timur Tengah, Eropa yang masih tersisa.

Kini, GZ juga masih dikenal dengan pusat perdagangan di era moderen. Cantoon Fair yang rutin diadakan berhasil menyedot banyak pengunjung tiap tahunnya. Di GZ, pusat usaha di kelompokkan dalam cluster cluster kecil, Satu kampung atau satu jalan hanya akan memperdangankan satu bidang saja, misalnya kulit, pakaian, besi, logam, elektronik, plastik, mainan anak2, sepatu, tas. Bahkan di Shenzen (satu jam arah timur dari GZ) menjadi kota pusat teknologi, seperti hp, tablet dan alat elektronik lainnya. Tapi meskipun di cluster kecil mereka sanggup menerima order dalam jumlah besar dalam waktu singkat, karena order besar ini akan didistribusikan ke seluruh anggota cluster nya. Ini juga alasan mengapa kita lebih mudah menemukan pusat perdagangan di banding mal di GZ.

Sebagian besar orang Indonesia yang datang ke GZ adalah untuk tujuan bisnis, wisata, berobat, belajar. Untuk para pembisnis, GZ merupakan pusat perkulakan/grosir terbesar. Kita bisa menemukan apa saja di sini. GZ juga memiliki banyak tujuan wisata yang secara garis besar dikelompokkan dalam 3 golongan, wisata belanja, wisata moderen dan wisata heritage. Wisata belanja meliputi spot: Beijing Lu, Shang Xia Jiu Lu. Wisata moderen meliputi kawasata CBD Zhujiang New Town, Canton Tower. Wisata heritage (China dulu) Chen Clan Academy, Shamian Island. Dan beberapa lokasi lainnya.

Traditional China Modern (TCM) juga sangat populer di GZ. Banyak rumah sakit yang menyediakan peobatan secara tcm dengan dukungan alat2 kedokteran moderen. Beberapa pelajar Indonesia yang belajar di GZ juga banyak terutama untuk belajar bahasa.

jadi, selamat datang di Guangzhou (ir/wp)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Budaya. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s